Langsung ke konten utama

Toko Online

Tiga langkah untuk memulai bisnis online adalah:
  1. Ada produk
  2. Ada Situs web (Toko Online)
  3. Promosi

Pengertian TOKO ONLINE

Toko Online atau Online Store adalah toko yang letaknya diwebsite yang hanya bisa diakses dengan menggunakan internet. Toko online bisa digunakan untuk semua transaksi, baik business-to-business atau business-to-consumer.

Saat ini yang sedang marak di dunia usaha baik itu usaha kecil, menengah maupun besar yang berlomba-lomba untuk membuat toko online. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan strategi ini sebagai salah satu senjata utama untuk pemasaran produk mereka. Mereka meyakini bahwa startegi pemasaran melalui toko online adalah strategi yang jitu dan prospektif karena jumlah orang yang mengakses internet semakin hari semakin bertambah dan menunjukkan gejala peningkatan pemakain yang signifikan.

Hal ini membuat perusahan baik mikro maupun makro memanfaatkannya untuk meningkatkan peluang bisnis mereka mendapatkan konsumen. Lalu yang jadi pertanyaan apa itu toko online? Kita lihat dari suku katanya yaitu terdiri 2 kata “toko” dan kata “online”.

Menurut wikipedia bahwa toko adalah Sebuah tempat tertutup yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang yang khusus, misalnya toko buku, toko buah, dan sebagainya.

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah toko berarti sebuah tempat permanen untuk menjual barang-barang (baju, makanan dan sebagainya). Sedangkan dalam dunia IT mendefinisikan online sebagai terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Selain itu bisa juga menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online artinya dalam jaringan atau disingkat daring.

Jadi kesimpulannya, toko online adalah suatu tempat dimana kita dapat menjual produk dan pembeli dapat memesan produk sehingga terjadi transaksi jual-beli yang dilakukan melalui computer yang terhubung dan terkoneksi dengan internet.

Apa saja kelebihan toko on line hingga banyak yang menggunakannya sebagai tempat usaha ?

1. Memberikan kemudahan bila ada calon pembeli yang ingin mengetahui informasi tentang produk yang kita tawarkan. Calon pembeli akan lebih leluasa memilih dan mencari produk yang mereka inginkan. Mereka tidak perlu bedesak-desakan dengan pembeli lain karena toko on line dapat diakses bersama-sama.

2. Biaya pembuatan toko on line tidak sebesar pembuatan toko secara fisik. Jadi, secara ekonomi lebih hemat biaya. Selain itu tidak diperlukan lagi biaya untuk keperluan tambahan seperti kebesihan, keamanan dan sebagainya yang berkaitan dengan keperluan fisik.

3. Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengawasi toko on line atau tidak perlu menyewa seseorang untuk menjaga toko online kita. Kenapa demikian? karena melalui toko on line, kita dapat memasang informasi tentang produk kita secara otomatis bahkan pemesanan juga otomatis.

4. transaksi pembelian bisa melalui pemesanan dan negoisasi bisa dilakukan melalui contact person, email, jejaring sosial atau chat. Dengan begitu lebih cepat dan praktis serta menghemat waktu. Dimanapun kita atau pembeli berada, kita bisa melakukan komunikasi dengan cepat dan mudah.

5. Melalui toko online, produk kita bisa menjangkau daerah-daerah yang lebih luas dan calon pembeli dapat mengaksesnya kapan saja karena toko online akan aktif selama 24 jam. Ini memberikan peluang kita untuk memperkenalkan produk kita ke beberapa tempat dan makin banyak calon pembeli yang dapat kita saring.

6. Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk promosi menggunakan cara-cara lama seperti brosur, pamflet atau pasang iklan di pinggir-pinggir jalan. Toko online secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari promosi. Selain itu ruang lingkup promosi kita juga lebih luas, kita bisa hubungkan dengan jejaring sosial milik kita maupun maupun forum-forum atau bisa juga bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan produk yang kita tawarkan.

7. Dalam Toko Online kita bisa menampilakan isi dari toko online kita dengan dukungan fasilitas multimedia seperti gambar, video, atau slide.Selain itu ada juga fasilitas pendukung misalnya kita bisa mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung setiap hari, kita juga bisa menyediakan tempat untuk komentar pengunjung, kita juga bisa menampilkan produk terkini dan masih banyak lagi.

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki toko online, tentunya ini menambah presentase kemungkinan dalam perkembangan usaha kita. Ada peluang terbuka lebar yang amat sayang bila kita lewatkan. Untuk itu mulailah dari sekarang untuk mempertimbangkan membuka usaha atau toko melalui intrenet atau kita sebut dengan toko online.

Keuntungan Toko Online

Toko online merupakan fenomena yang sangat menarik saat ini. Hal ini dikarenakan bisnis dengan menggunakan toko online memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan toko konvensional baik ditinjau dari segi efektifitas maupun efisiensi. Berikut ini beberapa keuntungan berbisnis dengan menggunakan toko online :
  1. Target market yang sangat luas, tidak hanya konsumen dalam negeri tetapi juga luar negeri. Dengan kata lain target marketnya tidak terbatas ke seluruh dunia.
  2. Hemat biaya. Dengan menggunakan toko online Anda bisa memangkas biaya karyawan maupun penyewaan tempat/kantor.
  3. Informasi yang disampaikan bisa lebih banyak sehingga konsumen dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang produk/jasa yang Anda tawarkan.

Strategi pemasaran toko online yang bisa dibilang efektif dan efisien:
  1. Strategi pemasaran melalui website atau blog Ini merupkan strategi yang paling sering digunakan karena dengan kita memiliki sebuah website atau secara tidak langsung produk kita dapat lebih mudah dikenal oleh calon pelanggan. Mereka bisa melihat produk yang kita tawarkan setiap saat dan entah dimanapun mereka berada.
  2. Srategi toko on ine dengan mengoptimalkan website Bagaimana caranya? Yaitu dengan teknik SEO. Apa itu SEO? SEO adalah cara agar website dapat berada di halaman pertama search engine seperti contohnya halaman google, ask, yahoo, bing dan sebagainya. Kenapa? Karena biasanya calon pelanggan dalam mencari produk yang mereka inginkan, mereka akan mulai mencari melalui search engine dengan cara mengetikan kata kunci tertentu. Untuk itu penting untuk kita mempelajari teknik SEO.
  3. Memanfaatkan jejaring sosial Jejaring sosial merupakan sesuatu yang sedang booming untuk beberapa tahun terakhir ini. Hal ini bisa kita lihat betapa banyaknya pengguna jejaring sosial dari tahun ke tahun. Kita perhatikan saja facebook yang penggunannya diperkirakan mencapai jutaan bahkan bisa milyaran, belum lagi twitter dan muncul juga jejaring-jejaring sosial buatan lokal seperti contohnya salingsapa. Jadi,untuk itu menawarkan produk melalui jejaring sosial sangat efektif untuk saat ini.
  4. Pemasaran melalui email Selain website dan jejaring sosial, kita juga bisa menggunakan email. kenapa? Karena bila kita menggunakan email, tujuan promosikita itu lebih tepat sasaran dan peluangkita untuk mendapatkan calon pembeli juga lebih besar.
  5. Bergabung dengan Komunitas atau forum Didalam komunitas atau forum biasanya akan berkumpul banyak orang yang meiliki kesukaan atau minat yang sama. Nah hal ini bisa kita manfaatkan, dengan bergabung dengan komunitas atau forum yang sesuai dengan produk yang kita jual, kita bisa melakukan promosi secara tertarget.
  6. Promosi Dengan Iklan Baris Ada 2 cara yang bisa kita lakukan yaitu Promosi dengan iklan baris gratis atau berbayar. Kalau anggaran kita kurang, kita bisa menggunakan yang gratis tapi kalau berlebih bisa menggunakan berbayar. Apa bedanya? Kalau iklan baris yang berbayar akan lebih diprioritaskan untuk tampil di web-web penting dibandingkan iklan baris yang gratis. Contohnya google adword, kita bisa membuat iklan baris kita tampil di halaman google. Dengan cara ini membuat jangkauan promosi kita menjadi lebih luas.
  7. Review Produk Review produk merupakan penjelasan tentang produk yang kita jual. Dengan memberikan penjelasan yang baik, jujur dan mudah dipahami. Maka calon pembeli akan tertarik untuk memesan produk yang kita tawarkan.
GROSIR WEBSITE
Menyediakan paket website toko online berjumlah 20 website per-paket dengan keunggulan :
- Tidak perlu punya produk sendiri, karena sudah ada produk tiap website.
- Tidak perlu stok barang sendiri, karena barang ada di produsen sehingga hanya cek stok barang saja
- Tidak perlu repot kontak jasa pengiriman, karena pengiriman sudah diatur sistem.
- Tidak perlu repot update produk, karena sistem sudah mengatur.
- Tidak perlu khawatir virus atau hacker, karena sistem sudah menjaga.
Harga Rp 30.000.000,- / paket

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INVOLVE ASIA : Ecommerce World - MarketPlace - Affiliate Program

INVOLVE ASIA Here’s your chance to receive big cash payments for your referrals!  With our InvolveAsia’s Referral Program, you can earn up to MYR 5,000 per month! https://goo.gl/iVNmJd Entry into our Referral Program is free and is open to everyone, even non-customers. We will provide you with banners, buttons and links to get you started. And of course, our great service pretty much sells itself. Earn up to MYR 5,000 per month with our Referral Program! https://goo.gl/iVNmJd Offer General Information: No conversion capping for this offer. This offer accepts worldwide Traffic. You must only use creative material uploaded in InvolveAsia dashboard for this offer. Any self produced material should be approved in advance by The Advertiser. Cookie Period: 1 days Validation Period: 15 days on every following month. Payment Term: 15 days after validation. Promotion Method Allowed : - Display - Textlink - Social Media - Search - Email - In

KAOS DAKWAH

BOSAN DENGAN BISNIS YANG CUMA GITU-GITU AJA? Bisa jadi, bisnis anda tidak berkembang karena anda terlalu egois. Anda ingin menikmati semua keuntungan sendirian. Anda tidak mau berbagi peluang dengan teman. Bahkan supplier pun anda sembunyikan. Tetapi faktor utama bisnis tidak bertumbuh biasanya 4 hal. TIDAK PUNYA MODAL Kendala awal saat mulai bisnis adalah tidak punya modal uang. Beli barang harus banyak kalau mau murah. Setelah stok banyak ternyata tidak laku sehingga mengganggu cashflow. TIDAK PUNYA SISTEM Kalaupun usaha sudah mulai berjalan. Tidak ada SOP yang jelas. Sehingga malah makin menyita waktu. Bukannya makin banyak waktu untuk beribadah. Makin hari makin pusing. KURANG INOVASI Setelah berjuang membangun sistem dan mempertahankan cashflow agar lancar. Ternyata datang kompetitor dengan harga yang lebih murah, dan kualitas lebih bagus. Perlu inovasi dan diferensiasi agar bisnis bertahan. BEKERJA SENDIRIAN Bagaikan Superman yang jago sendirian, tidak punya te

ROBOT WHATSAPP

Download WhatsApp Plus APK V6.75 Latest Version Updated in 02/07/2018 v6.75 Download GBWhatsApp APK V6.75 Latest Version Updated in 02/07/2018 v6.75 Download OGWhatsApp APK V6.75 Latest Version Updated in 02/07/2018 v6.75 Kami menerima jasa pembuatan website dan revisi website mulai dari : Website Toko Online Website Company Profile Website Sekolah Website Yayasan Website Deller Mobil Website Klinik Website Agen Properti Website Travel Umroh Website Wisata dan website lainnya "Harga Murah Kualitas Mewah" Info lebih lengkap www.zuperwebsite.com ROBOT YOUTUBE Download MicroG For OGYouTube APK V2.0 Latest Version ROBOT INSTAGRAM Download Instagram Plus APK V10.14.0 Latest Version Download OGInsta Plus APK V10.14.0 Latest Version ROBOT BLACKBERRY MESSENGER Download BBM Plus Mod APK V3.3.7.93 Latest Version